Selasa, 22 September 2015

Hantu Bohongan

Kalo masih kecil nakal itu biasa,tapi kalo udah tua masih nakal itu baru luar biasa.^_^

Kejadian ini terjadi ditahun 1998.Waktu itu usiaku masih 8tahunan.
Aku bersama teman-teman kecilku suka bermain rumah-rumahan yang terbuat dari kandi (bhs jawa).
Kami juga suka menanam mangga mentah didalam tanah dengan tujuan supaya lekas matang dan bisa cepat dimakan.hahahaha.. 
(ada-ada aja ide anak kecil memang).

Aku dan mbak kolipah teman kecilku suka bermain dikebun sebelah selatan rumahku.Disana ada pohon jambu yang tingginya masih seperti tinggi orang dewasa.Mbak kolipah punya ide dan bilang ke aku "Neng...ayo pacak'i wet jambu iki diklambini ben koyo medi gawe medeni koncone dewe mengko bengi seng do bar muleh ngaji".
(Neng ...ayo dirias pohon jambu ini biar keliatan kek hantu buat nakut-nakutin teman kita yang pulang ngaji ntar malam).
"Ayo ra mbak tak rewangi"
(Ayo mbak aku bantuin) jawabku dengan semangat.

Lalu pohon jambu itu kita pakaikan baju putih lengan panjang dan tangannya adalah kayu.Kami rias pohon jambu tersebut seolah manusia tanpa kepala.
Di tangannya kiri kanan kami ikatkan tali rafiah panjang kami tarik dan hubungkan dilangit-langit batang pohon mangga yang ada didepannya sehingga tali itu bisa menghubungkan sampai pada rumah depan kebun tersebut.Jika tali itu ditarik-tarik maka tangan pohon jambu yang kita bikin tadi jadi bergerak-gerak.

Sorepun telah tiba.Waktunya kita berangkat mengaji saling menunggu.
Aku mbak anah dan mbak kolipah berangkat bareng.Aku yang paling kecil diantara keduanya.Selisih umur kami sekitar 4tahunan.Dan ketika mati lampu masih dalam mengaji.Aku suka nangis karena takut.Mbak anah dan mbak kolipahlah yang berusaha menenangkan aku dan menuntunku untuk mencari sandal.Dulu aku penakut dan gampang nangis waktu masih kecil.hahaha...
Sekarang aja udah dewasa masih gampang nangis kalo merasakan sakit apalagi terluka.hehe...kalo takut sih udah nggak tuh kayaknya.^_^

Ok lanjut ceritanya...
Pelajaran mengajipun telah usai.Temen-temen yang bawa oncor saling membagikan keteman yang tidak membawa oncor/pun trombol karena pada zaman dulu dijalan-jalan masih gelap gulita walaupun sudah ada lampu tapi cuman dirumah-rumah doank.
Mbak kolipah bisikin aku "Neng...aku tak mlayu muleh ndisek yo pak njalakke rencanane dewe,mengko nak sampean wes tekan pertelon ngarep omah njerit seng seru yo gayah weroh medi seng digawe awak'e dewe kae"
(Neng...aku lari pulang duluan ya mahu ngejalanin rencana kita yang tadi,ntar kalo kamu udah sampai dipertigaan depan rumah kamu kamu menjerit yng kenceng ya pura-pur liat hantu yang kita buat).
Ok mbak...siiip..(jawabku).

Dan begitu aku beserta rombongan teman-teman ngaji nyampe dipertigaan depan rumahku.Aku menjerit histeris
"Hiiiiiiiii....ono medi-ono medi"
(sambil menunjuk kearah hantuvyang tangannya bergerak-gerak).
Semua teman-teman pun saling menjerit tanda ketakutan sambil berlari sekencang mungkin melewati kebun yang berhantu itu.Ada juga yang berhentu karena takut mahu melewatinya.Ada juga yang menangis.
Suasana menjadi semakin rame,tetangga-tetanggapun keluar rumah untuk menyaksikan ada apa gerangan ?^_^
Aku masih ingat betul waktu itu Mas munib suami dari mbak les menuju kearah pertelon dengan membawa batu besar.haha...Akupun gak tahu mahu buat apaan.hik...hik...

Saat itu pula bersamaan dengan pulangnya rombongan ngaji teman laki-laki.Ada anak yang bernama Ropek,dia juga menjadi korban kenakalan kami.
Dia gak berani pulang lewat kebun tersebut karena dia melihat hantu tangannya bergerak-gerak.
Orang dewasa tetangga rumah akhirnya tahu kalo itu cuman hantu bohongan buatan kita.Mereka semakin tambah ketawa melihat reaksi Ropek yang ketakutan malah tambah ditakut-takutin juga.^_^
Akhirnya Ropek pulang berlari bersamaan dengan datangnya honda yang lewat menuju kearah selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar